Jalan-Jalan ke Pantai Pelabuhan Ratu

Cari tempat wisata di Sukabumi? Kalau mau liburan ke pantai tentu saja pilihan terdekat adalah Pelabuhan Ratu. Terletak di bagian selatan Kota Sukabumi, Pelabuhan Ratu mudah dijangkau baik dari arah Jakarta maupun Bandung. Kalau tidak disergap kemacetan, kira-kira perlu waktu 3-4 jam dengan kendaraan pribadi untuk tiba di sana.

Setelah sekian lama tidak mengunjungi Pelabuhan Ratu, akhirnya saya bisa jalan-jalan lagi ke kota pesisir ini pertengahan 2011 lalu. Kunjungan berikutnya kami lakukan sekeluarga pada awal 2012 saat liburan sekolah anak-anak.

Wisata Keluarga

Pelabuhan Ratu bisa jadi alternatif untuk wisata keluarga. Garis pantainya yang panjang asik buat anak-anak bermain pasir. Pantai Citepus dan Karang Hawu merupakan dua pantai favorit untuk dikunjungi.

Ombak Pelabuhan Ratu terkenal ganas, karena itu tidak ada permainan seperti banana boat atau perahu nelayan yang bisa disewa ramai-ramai. Tapi kalau suka surfing, pantai Cimaja adalah tempatnya. Objek wisata lainnya di dekat Pelabuhan Ratu yaitu pemandian air panas di Cisolok.

Untuk penginapan lumayan banyak pilihan yang tersedia. Selain Samudera Beach Hotel, yang lumayan besar yaitu Augusta Hotel Pelabuhan Ratu. Meski hotel tua, tapi Augusta ini punya area bermain yang luas. Selain kolam renang, ada juga lapangan futsal, basket, tenis dan pingpong. Tarif kamarnya paling murah Rp.125 ribu sudah termasuk sarapan pagi untuk dua orang.

Hotel Augusta ini cocok buat para blogger karena di restorannya tersedia hotspot gratis yang bisa diandalkan. Karena tersedia koneksi internet, setelah anak-anak bosan berenang mereka bisa lanjut main game online. Dan kalau mau main ke pantai, kita hanya perlu menyeberang jalan.

Soal makanan, salah satu yang banyak ditawarkan di Pelabuhan Ratu yaitu ikan bakar. Pelabuhan Ratu punya tempat pelelangan ikan yang besar. Kita bisa membeli ikan segar di sana lalu meminta bantuan warung-warung di pinggir pantai yang menyediakan jasa bakar ikan. Saya juga lihat ada rombongan keluarga yang bawa alat panggangan sendiri dari rumah.

Kalau mau lebih praktis lagi tinggal mampir ke rumah makan yang bertebaran di sepanjang pantai. Yang ramai letaknya di sekitar Pantai Citepus, pantai terdekat dengan kota Pelabuhan Ratu. Sayang, ternyata harga ikan bakarnya lumayan mahal. Masih lebih murah di tempat makan dekat rumah yang jauh dari laut.

Menuju Pelabuhan Ratu

Selain dengan kendaraan pribadi, Pelabuhan Ratu juga mudah dijangkau dengan kendaraan umum. Dari Jakarta bisa transit di Bogor atau Sukabumi, lalu ganti bis jurusan Pelabuhan Ratu. Bisa juga menggunakan kereta api rute Jakarta-Bogor-Sukabumi, lalu disambung lagi dengan bis yang sama. Sayangnya, kereta ini cuma ada sore hari dari Bogor.

Jika kebetulan dari arah Bogor, ada jalur alternatif menuju Pelabuhan Ratu yang menurut saya cukup menarik ketimbang jalur lama lewat Cibadak. Jalan alternatif tersebut mengambil rute via Cikidang dan jika kita ingin mengambil jalur ini harus belok kanan beberapa kilometer sebelum kota Cibadak.

Lewat Cikidang kita akan disuguhi perkebunan kelapa sawit yang terbentang luas. Sebuah pemandangan hijau yang biasanya hanya bisa ditemukan di luar pulau Jawa. Lewat jalur ini pula kita akan bertemu dengan kawasan rafting yang terkenal yaitu di sepanjang sungai Citarik.

Yang menarik lagi dari jalur Cikidang ini, jalanannya penuh tikungan dan turunan yang curam. Selain harus ekstra hati-hati, lewat jalur ini kita juga harus memastikan kendaraan yang digunakan dalam keadaan “sehat”. Di perjalanan kita akan sering menemukan rambu-rambu yang meminta pengendara agar menggunakan gigi rendah.

Jika tertarik melakukan sedikit petualangan, jalur ini layak dicoba jika hendak berwisata ke Pelabuhan Ratu.

Peta Pelabuhan Ratu


Lihat Peta Lebih Besar

Leave a Reply