Candi Borobudur - Kemegahan Wisata Budaya Di Jawa Tengah

Wisatain.com – Candi Borobudur yang berada di Jawa Tengah memiliki mitos dan cerita di masyarakat sekitar. Bangun Candi Borobudur adalah bangunan Candi terbesar yang ada di Indonesia. Objek Wisata Candi Borobudur menjadi warisan budaya Budha yang luar biasa karena kemampuan para leluhur yang dalam menciptakan arsitektur dan kemegahan Candi ini.

https://www.wisatain.com/2019/10/candi-borobudur-kemegahan-wisata-budaya.html


Sejarah Candi Borobudur


Menurut sejarah Candi Borobudur hasil peninggalan kerajaan Mataram Kuno. Candi Borobudur merupakan bangunan peninggalan Candi Budha terbesar didunia pada 780 – 840 masehi yang pada saat itu dibangun oleh Raja Samaratungga dari Dinasti Syailendra yang sangat berkuasa di Nusantara.

Pada masa itu terdapat beberapa cerita kenapa Candi ini ditelantarkan sampai lokasi Candi seperti bukit yang ditumbuhi pepohonan.

Pertama pendapat menyebutkan bahwa Candi Borobudur ditinggalkan oleh penduduk karena sempat terjadi beberapa letusan gunung berapi yang membuat para penduduk berpindah ke tempat lain. Lalu pendapat lainnya menyebutkan bahwa pada masa itu masuknya Agama Islam ke tanah Jawa sehingga membuat lokasi candi benar – benar ditinggalkan.

Baca Juga : Wisata Air Terjun Bedegung Di Muara Enim

Penemuan Candi Borobudur


peninggalan Candi budha terbesar ini pertama ditemukan oleh pasukan inggris pada tahun 1814 yang dipimpin oleh Sir Thomas Stanford Raffles sampai akhirnya seluruh candi dibersihkan pada tahun 1835.

Namun pada masa penelitian dan penggalian yang begitu lama sempat terjadi penjualan bagian – bagian candi oleh pihak lain hingga tahun 1973 pemerintah Indonesia mengajukan permintaan ke dunia Internasional untuk pemugaran lokasi yang bersejarah ini dan pada tahun 1975 – 1982 dengan bantuan UNESCO proses pemugaran secara besar – besaran dan melakukan renovasi, lalu pada tahun 1991 Candi Borobudur masuk dalam daftar situs warisan dunia.

Kegunaan Candi Borobudur


Candi Borobudur merupakan peninggalan leluhur dari kebudayaan Budha. Pada masanya peninggalan ini dibangun sebagai tempat pemujaan Budha serta tempat Ziarah. Candi Borobudur memiliki banyak ukiran – ukiran petunjuk atau makna yang menggambarkan sifat  manusia agar umat manusia  menjauhkan diri dari nafsu dunia dan menuju pencerahan.

Sekarang Candi Borobudur menjadi destinasi wisata Candi di Jawa Tengah dan menjadi tempat keagamaan bagi Agama Budha di Indonesia.

Baca Juga : Candi Bumi Ayu Wisata Sejarah Di Sumatera Selatan

Daya Tarik di Candi Borobudur


Candi Borobudur merupakan tempat bersejarah yang di bangun dengan banyak arsitektur dan ukiran makna untuk manusia. Peninggalan tempat bersejarah ini selain sebagai wisata budaya tempat ini juga menjadi salah satu tempat  keagamaan dan ziarah bagi Agama Budha.

Kemegahan dari tempat ini memang memiliki daya tarik dari keindahan arsitekturnya serta bangunan – bangunan candi yang berada diatas ketinggian.

Daya tarik dari tempat ini yaitu Sunrise di Borobudur, banyak wisatawan yang ingin menikmati sunrise disini, menikmati sunrise di atas puncak candi menjadi pengalaman yang sangat indah. Jadi banyak wisatawan yang rela datang di pagi.

Stuktur bangunan Candi Borobudur dibangun berbentuk kotak dan memiliki 4 pintu masuk serta memiliki pusat candi yang berbentuk lingkaran.
Harga tiket masuk wisatawan ke Candi Borobudur bagi orang dewasa Rp. 40.000/orang dan lebih murah untuk anak – anak.

0 Response to "Candi Borobudur - Kemegahan Wisata Budaya Di Jawa Tengah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel