Jam Gadang Wisata Ikon Bukittinggi

https://www.wisatain.com/2019/11/jam-gadang-wisata-ikon-bukittinggi.html

Kota Bukittinggi biasanya dikenal dengan wisata kulinernya selain itu juga terdapat wisata alam dan budayanya. Salah satu wisata di Bukittinggi yaitu Jam Gadang. Jam Gadang merupakan sebuah menara yang terdapat jam besar yang terletak diatasnya, terdapat jam besar disetiap sisinya. Jam gadang ini terletak di pusat kota Bukittinggi, Sumatera Barat.

Asal nama Jam Gadang Karena bangunan menara jam ini terletak di kota Bukittinggi sehingga masyarakat Minangkabau Menyebut banngunan ini dengan Jam Gadang yang berarti Jam Besar. Nah selain sebagai Wisata Ikon Jam Gadang Bukittinggi juga menjadi pusat penanda kota Bukittinggi tersebut.

Dengan adanya Wisata Ikon Jam Gadang Padang, Sumbar pihak pengelolah memperbaiki sarana prasarana serta memperluas taman – taman di sekitar menara jam ini sehingga taman tersebut bisa menambah keindahan dari Wisata Ikon Jam gadang.

Sejarah Jam Gadang Bukittingi

Bangunan Jam Gadang telah berdiri sejak masa pemerintahan Hindia Belanda hingga sekarang. Jazid Radjo Mangkuto seorang arsitektur jam gadang pada masa itu menghabiskan biaya sekitar 3.000 gulden dan bangunan ini selesai pada tahun 1926.  Bangunan Jam Gadang memiliki ukuran selebar 6,5 x 10,5 Meter, memiliki tinggi 36 meter dan memiliki beberapa tingkat, tingkatan paling atas tempat menyimpan bandul. Terdapat 4 jam besar berdiameter 80 cm yang didatangkan langsung dari Rotterdam, Belanda melalui pelabuhan Teluk Bayur. Pada mesin jam terletak di bawah yang digerakkan secara mekanik yang hanya dibuat 2 didunia, satu di Big Ben London, Inggris dan satunya di Jam Gadang ini.

Pada masa itu Jam Gadang ini dibangun dengan bermaksud sebagai hadiah dari Ratu Belanda kepada Rook Maker, Sekretaris Fort de Kock (Kota Bukittinggi). Setelah bangunan jam gadang telah diresmikan, bangunan ini menjadi pusat perhatian sekaligus menjadi pusat penanda di kota Bukittinggi.

Pada masa itu atap Jam Gadang sudah mengalami tiga kali perubahan. Pertama pada masa Hindia Belanda atap Jam Gadang berbentuk bulat dan diatasnya terdapat patung ayam jantan mengarah timur. Lalu pada masa kependudukan Jepang atap Jam Gadang dirubah menjadi beerbentuk pagoda. Nah setelah Indonesia merdeka atap Jam Gadang dirubah dengan bentuk atap rumah adat khas MinangKabau. Setelah itu pada tahun 2010 BPPI (Badan Pelestarian Pusaka Indonesia) dengan didukung Pemerintahan kota Bukittinggi dan Kedutaan Besar Belanda sepakat merenovasi bangunan  Jam Gadang ini bersamaan dengan ulang tahun kota Bukittinggi.

Keunikan Jam Gadang Bukittinggi

Sebagai Ikon wisata di bukittinggi Jam Gadang juga memiliki beberapa keunikan seperti :

1 .  Material Bangunan Jam Gadang yang unik, Pasalnya bangunan ini dibuat tanpa menggunakan besi penyangga dan semen, namun hanya menggunakan campuran kapur dan pasir.

2 . Mesin yang digunakan oleh Jam Gadang hanya ada 2 didunia, yaitu satu di pakai oleh Jam Gadang dan yang satu dipakai di Big Ben London, Inggris.

Baca Juga : Air Terjun Lembah Anai di Sumatera Barat

3 . Angka romawi  empat pada penulisan Jam Gadang, biasanya penulisan angka empat romawi itu seperti IV ini namun pada penulisan pada jam gadang itu seperti IIII. Nah ada beberapa penjelasan kenapa ditulis IIII yaitu, karena alasan Keseimbangan Visual, karena angka empat dahulunya memang ditulis dengan IIII, dan angka empat adalah berarti dewa dalam bangsa Romawi.

Objek Wisata Jam Gadang Bukittinggi

Bangunan menara Jam Gadang di Bukittinggi menjadi salah satu andalan objek wisata di Sumatera Barat dan menjadi kebanggan masyarakat kota Bukittinggi. Keindahan dari objek wisata ini seperti suasana malam yang indah karena saat malam hari bangunan ini dihiasi dengan bekerlipnya lampu cahaya yang berwarna – warni. Selain itu juga memiliki taman yang sedap dipandang.

Baca Juga : Wisata di Sumatera Barat wajib kamu kunjungi

Wisata Jam Gadang Bukittinggi dibuka 24 jam, kamu bisa mengunjungi wisata ini semau kamu baik pagi siang malam baik hari kerja maupun hari libur. Selain itu tidak ada biaya tiket masuk di Jam Gadang kamu bisa berfoto – foto, belanja untuk oleh – oleh, selain itu juga terdapat penginapan di sekitar kawasan Jam gadang dan banyak juga para penjual makanan khas kota Padang.

Nah masih banyak lagi tempat - tempat wisata populer yang indah lainnya kamu bisa mengakses di www.wisatain.com ya.


0 Response to "Jam Gadang Wisata Ikon Bukittinggi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel