Taman Tematik, Tempat Wisata Unik Di Kota Bandung

Sebagai ibu kota, Bandung sudah menjadi salah satu pusat wisata di Jawa Barat. Bukan karena status ibu kota semata, melainkan karena banyaknya pilihan atraksi wisata, baik lama maupun baru, yang tidak akan pernah habis untuk dikunjungi. Mulai dari wisata belanja, wisata sejarah, wisata kuliner hingga wisata alam semuanya tersedia di Kota Kembang.

Semenjak beberapa tahun belakangan ini, pilihan wisata di Bandung sudah bertambah. Salah satunya adalah munculnya taman-taman tematik yang tersebar di berbagai penjuru Kota Bandung. Hadirnya taman-taman ini memberi nuansa lebih hidup serta segar Saat bermain ke Bandung, dan jangan  lupa untuk mengunjungi taman-taman tematik ini.

Berikut Taman Tematik, Tempat Wisata Unik Di Kota Bandung :


Taman Lalu Lintas

https://www.wisatain.com/2019/11/taman-tematik-tempat-wisata-unik-kota-bandung.html

Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution atau lebih dikenal dengan nama Taman Lalu Lintas Bandung bisa dikatakan merupakan taman tematik yang sudah cukup lama hadir di kota ini. Di taman ini, pengunjung akan dikenalkan ke berbagai fungsi rambu yang terdapat di jalan raya serta alat transportasi lainnya. Tempat wisata unik Kota Bandung ini memang sangat cocok dikunjungi bersama anak-anak untuk mengenalkan peraturan berkendara.

Saat ini, Taman Lalu Lintas sudah mengalami perkembangan. Bukan hanya bisa belajar mengenai peraturan di jalan raya, pengunjung juga bisa menikmati beberapa wahana menarik. Ada wahana kereta api, kolam renang dan kolam pancing. Sedangkan untuk spot foto, ada sebuah jembatan lucu yang terbentang di bagian tengah taman. Harga tiket masuk untuk taman yang berada di Jalan Belitung No. 1 ini sebesar 6 ribu rupiah di hari biasa dan 7 ribu rupiah saat weekend.

Taman Lansia

Kalau sudah sering jalan-jalan ke daerah Gasibu dan Gedung Sate, pasti tidak asing lagi dengan Taman Lansia. Taman yang terletak tepat di samping Gedung Sate ini tidak seperti tempat wisata kebanyakan yang menargetkan kalangan muda. Taman ini merupakan salah satu tempat wisata unik Kota Bandung karena menargetkan para lanjut usia sebagai pengunjung utamanya.

Berbagai macam fasilitas serta kegiatan disediakan untuk menunjang segala aktivitas para lansia. Terdapat jalanan khusus yang dipenuhi batu-batu untuk digunakan sebagai jalan refleksi demi melancarkan sirkulasi darah. Ada juga undak-undakan dan tempat duduk untuk bersantai, membaca buku atau bercengkrama. Untuk kegiatan khusus di Taman Lansia, ada kegiatan bernama Kereta Kota (Kegiatan Rekreasi dan Edukasi Taman Kota) yang berlaku untuk semua kalangan usia.

Taman Jomblo (Pasupati)

Taman Pasupati atau lebih dikenal sebagai Taman Jomblo merupakan salah satu tempat wisata unik Kota Bandung yang dibuat pada tahun 2014 di Bandung. Taman yang berlokasi tepat di bawah flyover Pasupati memang memiliki nama yang tidak biasa. Nama ini muncul karena tempat duduk yang berada di taman berukuran kecil dan hanya muat untuk satu orang saja. Itulah kenapa akhirnya nama Taman Jomblo terdengar lebih menarik dari nama aslinya itu sendiri.

Di taman ini terdapat kursi-kursi berbentuk balok yang berwarna-warni. Tinggi kursinya hanya berkisar dari 70 cm hingga 100 cm. Tempat ini cocok dijadikan sebagai tempat beristirahat setelah seharian berjalan-jalan sembari menikmati hiruk pikuk kendaraan yang berlalu lalang.

Taman Film

Tidak jauh dari Taman Jomblo, ada sebuah tempat wisata unik Kota Bandung lainnya karena mengusung bioskop di area terbuka. Tempat itu adalah Taman Film. Masih terletak di bawah jalan layang Pasupati, taman ini memiliki luas 1,3 meter kubik ini mampu menampung hingga 500 orang. Sebagai tempat duduknya, ada undakan berbentuk sengkedan yang dilapisi oleh rumput sitetis.

Taman ini dikelola oleh Komunitas Film Bandung dan beroperasi di bawah Dinas Pertamanan Kota Bandung. Setiap harinya banyak macam film yang diputar di taman ini. Mulai dari film lokal indie karya anak-anak Bandung, film berskala nasioonal hingga film internasional karya Hollywood, Bollywood. Pecinta film Korea tidak perlu merasa terkucilkan karena pengelola pun menayangkan film asal negeri Ginseng ini. Taman ini juga bisa digunakan untuk menonton acara sepak bola bersama alias nobar.

Taman Skateboard

https://www.wisatain.com/2019/11/taman-tematik-tempat-wisata-unik-kota-bandung.html

Masih di kawasan jalan layang Pasupati, ada lagi satu tempat wisata unik Kota Bandung yang khusus dibuat untuk para pecinta olahraga papan seluncur. Taman Skateboard memang dibuat khusus untuk muda-mudi atau para pecinta permainan papan seluncur ini untuk menyalurkan hobinya. Selain itu, tempat yang dihiasi tiang-tiang penyangga jalan layang ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat latihan dan mengasah kemampuan.

Taman Fotografi (Taman Cempaka)

Mungkin, ada sedikit orang di luarsana yang mengenal Taman Cempaka. Akan tetapi ketika disebutkan Taman Fotografi pasti banyak orang yang mengenalnya. Baik Taman Cempaka maupun Taman Fotografi adalah tempat yang sama. Lokasinya cukup menjorok yaitu di Jalan Anggrek tidak jauh dari Jalan Riau dan berjarak 2,6 km dari Balai Kota Bandung.

Tempat wisata unik Kota Bandung ini diperuntukan bagi para pecinta dunia fotografi. Untuk mendukung para fotografer, terdapat galeri terbuka, spot foto menarik yang mengutamakan human interest, kursi taman yang nyaman dan jangan lupakan koneksi internet gratis. Taman ini dikelola oleh komunitas fotografi Bandung. Dengan adanya taman ini, pemerintah kota berharap bisa dijadikan tempat berbagi ilmu dan mengembangkan kemampuan fotografi.

Taman Super Hero

Taman Super Hero merupakan salah satu taman yang digemari anak-anak. Taman yang terletak di Jalan Bengawan, Cihapit, Bandung Wetan ini menghadirkan patung replika dari pahlawan lokal seperti Gatot Kaca atau pahlawan luar seperti Batman, Spiderman, Superman dan lainnya. Tidak heran jika Taman Super Hero sering dikunjungi bersama seluruh anggota keluarga.

Tempat wisata unik Kota Bandung yang dikenal juga dengan sebutan Taman Robot ini dilengkapi beberapa fasilitas. Misalnya saja playground, perpustakaan hingga internet gratis. Karena berada di lokasi yang cukup sejuk, taman ini juga cocok dijadikan sebagai tempat duduk-duduk dan bersantai menikmati pemandangan.

Taman Hewan Peliharaan (Pet Park)

Ingin membawa binatang peliharaan jalan-jalan dan menghirup udara segar? Maka mampirlah ke Pet Park atau Taman Hewan Peliaraan. Taman yang berada di Jalan Ciliwung ini sangat dekat dengan Taman Lansia. Karena memang diperuntukkan bagi hewan peliharaan, taman ini dilengkapi fasilitas untuk para binatang. Terdapat alat pelatih ketangkasan, trek lari hingga toilet khusus hewan.

Taman Musik Centrum

Tempat wisata unik Kota Bandung selanjutnya adalah Taman Musik Centrum. Taman dengan ciri khas kerangka gitar besar ini diperuntukan bagi para pecinta musik. Tempat ini bisa dijadikan tempat pentas atau manggung para musisi. Tentu saja, harus ada izin dahulu dari pihak taman. Jika ingin mencoba manggung di Taman Musik Centrum bisa datangi kawasannya di Jalan Belitung dekat SMA 5 Bandung.

Taman Sejarah

Tidak ada salahnya jalan-jalan sambil belajar. Itulah kenapa Taman Sejarah bisa jadi salah satu tujuan wisata yang patut dipilih. Di taman ini terdapat gambar sejumlah tokoh walikota yang pernah menjabat di Bandung beserta biografi dan sejarahnya. Sedangkan untuk fasilitas hiburan terdapat kolam renang anak.

Kebanyakan dari Tempat Wisata Unik Di Kota Bandung ini gratis dan bebas diakses selama 24 jam. Untuk liburan dan merelaksasi tinggi tidak perlu selalu mahal dan mewah. Sedikit menghabiskan waktu di udara terbuka sudah cukup. Kunjungi www.wisatain.com untuk mendapatkan informasi wisata di Indonesia lainnya.

0 Response to "Taman Tematik, Tempat Wisata Unik Di Kota Bandung "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel