Cantik! Inilah 7 Spot Pesona Wisata Wonosobo Paling Menyegarkan Mata

https://www.wisatain.com/2019/12/cantik-inilah-7-spot-pesona-wisata-wonosobo.html

Pesona wisata di Indonesia tak habis - habisnya untuk di ekplorasi sehingga banyak menarik wisatawan asing dan lokal. Wisata yang disuguhkan dapat membuat takjub bagi pengunjung seperti wisata yang ada di Wonosobo ini. Wisata Wonosobo merupakan Kota dengan julukan Negeri di Atas Awan ini memang memiliki daya tariknya yang sangat khas.

Pemandangan alam yang elok dan lokasinya yang berada di kaki gunung, membuat cuaca di Wonosobo membuat para pengunjungnya akan selalu berusaha mengatupkan jaket dan tak melupakan sarung tangan untuk dipakai. Ada beberapa spot menarik yang menjadi unggulan di daerah penghasil carica ini yang berlokasi terpusat di Kecamatan Dieng.

Berikut ini Spot Pesona Wisata Wonosobo paling menyegarkan mata : 


1. Telaga dengan Tiga Warna Air yang Berbeda : Telaga Warna

Tiket masuknya hanya Rp3000 saja, kamu sudah bisa memasuki kawasan ini. Harga yang sangat miring untuk sebuah lokasi wisata indah karya Tuhan. Menurut legenda, warna berbeda yang terdapat di permukaan telaga tersebut ditengarai karena adanya cincin bangsawan yang terjatuh di sana. Padahal hal itu terjadi karena pembiasan cahaya dari endapan belerang di dasar telaga.

Siapkan masker atau penutup hidung sejenis bila hendak berkunjung ke sini. Aroma kuat belerang yang seperti kotoran sapi akan sangat menusuk penciuman. Jika tak kuat, kamu bisa muntah-muntah tak karuan. Siapkan pula obat-obat pribadi bila kemungkinan hal tersebut terjadi. Meski demikian, pesona wisata Wonosobo di lokasi ini tetap memegang kendali.

Dominasi warna telaga ini adalah hijau, biru laut, dan putih kekuningan, hampir mirip dengan warna telur asin. Kamu bisa menikmati warnanya yang tidak biasa tersebut jika sedikit mendaki ke salah satu bukit di sekitarnya. Jepret-jepret adalah perkara wajib bila kamu adalah pelancong yang hobi foto. Ada beberapa titik paling populer yang digunakan untuk mengambil gambar dengan latar telaga sebagai background-nya.

2. Nikmati Sunrise di Bukit Sikunir

Jika pantai menawarkan sunset yang berwarna orange keemasan, maka pesona wisata Wonosobo di bukit Sikunir menawarkan pemandangan sunrise yang tak kalah menawan. Lokasi satu ini biasa dijadikan sebagai tempat kemah untuk para backpacker dari berbagai wilayah. Berada di ketinggian 2.200 mdpl membuat tempat ini bersuhu lebih rendah dibandingkan wilayah Dieng lainnya.

Tempat yang berada di kawasan Sambangan, Wonosobo ini dinamai sikunir karena kunir dalam bahasa Jawa artinya kunyit. Warna matahari terbit yang mencuat seperti warna salah satu rempah berkhasiat tersebut. oleh karenanya, warga setempat menjuluki lokasi ini sebagai Bukit Sikunir.

Baca Juga : 8 Destinasi Wisata Terbaik di Jogjakarta

Puncak Bukit Sikunir ini digadang-gadang sebalah salah satu spot terbaik dan terindah se-Asia Tenggara. Hanya di Sikunir saja, kamu dapat menyaksikan keluarnya rona jingga keemasan saat fajar mulai menampakkan dirinya di antara gunung dan bukit yang berselimut. Pastikan cuaca saat kamu datang sedang tidak mendung atau hujan. Karena matahari terbit tak akan terlihat bila cuaca yang ada tidak mendukung. Pesona keindahan Wonosobo terpampang nyata dari sini.

3. Berpetualang Seru ke Dusun Pekasiran

Berada di Pekasiran, Batur, Banjarnegara, ada lokasi Sumur Jalatunda, Kawah Candradimuka, dan Telaga Dringo yang bisa dikunjungi. Sumur Jalatunda awalny adalah sebuah ceruk rekahan kawah yang digenangi air, sehingga tampak seperti sumur. Untuk mencapainya, kamu harus menaiki anak tangga sebanyak 257 buah. Pada anak tangga terakhir, kamu akan menemukan tumpukan kerikil. Konon, jika kamu bisa melempar kerikil dari seberang sumur ke arah yang berlawanan, maka harapanmu akan terkabul.

Lokasi ini juga dekat dengan kawah Candradimuka dan Telaga Dringo yang punya mitos tak jauh berbeda. Pesona wisata Wonosobo berupa Kawah Candradimuka ini dipercaya sebagai salah satu sumber kekuatan Gatotkaca, sang tokoh wayang karena suhu kawah yang sangat panas yanki 100 derajat selsius. Berhati-hatilah sebelum datang ke sini. Akses toilet dan penjual makanan masih minim. Pastikan kamu menyiapkan bekal ya!

Baca Juga : Candi Borobudur - Wisata Budaya di Jawa Tengah

Berbeda dengan Telaga Dringo yang supercantik karena kamu harus berjuang untuk sampai ke sana. Dari desa Pekasiran, kamu harus menanjak sekitar 20 menit untuk melihat keelokannya. Hal itu sepadan dengan kondisinya yang masih perawan, sehingga akan menenangkan bagi siapapun yang datang ke sana.

4. Gejolak Kawah yang Berpindah, Sikidang

Berwisata ke Dieng akan selalu berkesan. Pesona wisata Wonosobo selalu memberi kenangan. Meski perjalanan menujunya cukup berkelok dan berliku, pemandangan dan lokasi wisatanya bisa menjadi penghiburan tersendiri. Terlebih cuacanya yang dingin membuat para pelancong dari kota-kota yang bercuaca panas merasakan sensasi berbeda.

Kawah Sikidang adalah salah satu tempat yang unik dan menarik. Bau belerang yang menyengat dari dalam kawah serta hangat yang menjalar di tengah udara dingin membuat lokasi ini ramai dikunjungi pelancong. Ada landmark bertuliskan SIKIDANG  di depan gerbang kawah yang bisa dijadikan objek berswafoto dengan kawan-kawan atau keluarga yang datang.

Nama yang diberikan adalah sikidang, karena kolam magma yang berada di kawah ini kerap berpindah-pindah seperti kidang yang dalam bahasa Jawa artinya Kijang. Berhati-hati juga menjadi kunci saat berkunjung ke area yang menampilkan pesona wisata Wonosobo yang berbeda ini. Saat magma aktif, lompatannya bisa mencapai satu meter ke permukaan.

5. Kecantikan Tumpukan Batu Klasik Candi Dieng

Candi menjadi salah satu simbol pariwisata paling populer di Dieng. Candi juga membuat lokasi di tempat ini menjadi lebih sakral. Terdapat banyak Candi Hindu di berbagai lokasi. Ada Candi Bima, Candi Arjuna, Candi Gatot Kaca, Candi Srikandi, dan lain-lain. Pada umumnya, candi-candi tersebut menyerupai candi di India dengan ciri khas relief yang menghiasi bangunan candi yang ada.

Meskipun lokasinya tersebar antara satu dengan lainnya, semua pesona wisata Wonosobo berupa candi ini cukup ramai didatangi pengunjung. Mengambil gambar untuk kenang-kenangan menjadi sebuah momen yang tak mungkin bisa dilewatkan. Kamu sudah pernah foto di salah satu candi Dieng belum?

6. Telaga Pengilon : Berkaca dari Pantulan Air di Telaga

Bersebelahan dengan Telaga Warna, kamu wajib menjadikan lokasi Telaga Pengilon sebagai satu list tujuan. Telaga satu ini punya warna air yang sangat jernih bahkan tak memiliki warna seperti sungai alami pada umumnya. Oleh karenanya, mata air ini disebut Pengilon, dalam bahasa Jawa artinya tempat untuk berkaca. Hal ini dikarenakan kamu bisa berkaca pada jernih air yang ada di telaga ini.

Baca Juga : Wisata Curug Gedoriyo di Semarang

Suka fotografi? Lokasi ini menawarkan banyak titik keren untuk menjepretkan kamera. Kamu tidak akan rugi datang ke sana. Dikelilingi perbukitan asri dan hijau kamu akan dapatkan capture foto dengan nuansa menyegarkan mata. Pesona wisata Wonosobo yang ada dan terjadi di sini dijamin cantik!

7. Menanjaki Bukit Landai Batu Ratapan Angin

Lokasi satu ini merupakan sebuah bukit landai di dekat Telaga Warna. Tempat satu ini menjadi salah satu tujuan favorit karena kamu dapat melihat lokasi Telaga Warna dan Bukit Pengilon dari ketinggian. Tanjakannya tidak terlalu terjal, meskipun kamu tetap harus berhati-hari saat berjalan.

Jika berkunjung pada musim liburan, kamu harus sabar mengantre untuk berfoto di beberapa sudut yang ada. Utamakan kehati-hatian ya!

Inilah 7 Spot Pesona Wisata Wonosobo Paling Menyegarkan Mata di Indonesia tak akan habis dengan wisatanya yang indah. Jika kamu membutuhkan rekomendasi wisata, kamu bisa klik www.wisatain.com untuk dapatkan informasi tempat-tempat keren yang bisa kamu datangi untuk liburan. Eksplorasi Indonesia tak hanya lewat pesona wisata Wonosobo saja, melainkan juga pesona wisata dari seluruh penjuru kota tanah air tercinta.

0 Response to "Cantik! Inilah 7 Spot Pesona Wisata Wonosobo Paling Menyegarkan Mata"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel