Wisata Alam dan Tempat Liburan Ke Timor Leste

Wisatain.Com – Wisata Timor Leste banyak juga memikat para traveler atau pencinta jalan – jalan.


wisata-alam-wisata-timor-leste-pariwisata-di-timor-leste-tempat-liburan-ke-timor-leste

Wisata alam ataupun tempat liburan ke Timor Leste juga tak kalah menarik dengan wisata wisata yang ada di luar sana.

Pariwisata di Timor Leste dulunya merupakan negara bagian dari Indonesia selama 25 tahun. negara ini sudah memproklamirkan kemerdekaannya pada tanggal 2 mei 2002. Timor Timur adalah nama sebelum membentuk negara sendiri menjadi Timor Leste.

Pecahnya Timor Leste ini dikarenakan adanya perang saudara sehingga Timor Leste memutuskan untuk membentuk pemerintahan sendiri.

Oke sebelum membahas timor leste saya akan memberitahu kepada anda semua fakta fakta menarik tentang Timor Leste.

Fakta Tentang Timor Leste

Pernah jadi bagian Indonesia sejak abad ke-16 Timor Leste dijajah Portugal dan dikenal dengan nama Timor Portugis. namun pada tahun 1975 Timor Portugis ditelantarkan Portugal yang kala itu Tengah dirundung revolusi Anyelir Disaat itu laporan revolusi untuk Timor Leste merdeka atau Fretilin mengumkan kemerdekaannya tepatnya di tanggal 28 November 1975.

Sembilan hari kemudian Indonesia berusaha melakukan aneksasi pada tahun 1976 Timor Leste resmi menjadi provinsi ke-27 di Indonesia dan berganti nama menjadi provinsi Timor Timur namun masuknya Timor Timur ke Indonesia rupanya diwarnai konflik berdarah antara kelompok separatis khususnya Fretilin dan militer Indonesia selama beberapa dasawarsa di sekitar 100 hingga 250.000 nyawa melayang pada tahun 1976 sampai 1999 akhirnya dengan disponsori PBB pada Agustus 1999 diadakan referendum dan mayoritas rakyat Timor Timur memilih merdeka dari Indonesia.

Keinginan ini pun dikabulkan oleh BJ Habibie yang saat itu menjabat sebagai presiden usai mundurnya Soeharto pada tahun 2002 terbentuklah negara Timor Leste dengan Xanana gusmao sebagai presiden pertamanya.

Memiliki dua bahasa resmi sebagian besar warga Timor Leste berasal dari etnis Papua, Melayu dan Polinesia sekitar 40 bahasa atau dialek Papua dan Melayu yang berbeda-beda dituturkan di sana namun bahasa yang digunakan sehari-hari didominasi oleh bahasa tetum.

Sebagian penduduknya juga masih menggunakan bahasa Portugis itu sebabnya ada dua bahasa resmi di negara ini yaitu bahasa tetun dan bahasa Portugis, sementara itu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dianggap sebagai bahasa untuk bekerja.

Setengah dari populasinya masih buta huruf  Timor Leste digolongkan sebagai negara Tertinggal oleh Bank Dunia tercatat 20 persen penduduknya menganggur, 53 persen hidup dengan pendapatan kurang dari 1,25 US Dollar atau 18.000 per hari dan sekitar setengah dari jumlah penduduknya masih buta huruf pasalnya selama puluhan tahun penduduk Timor Leste terjebak di tengah konflik antara kelompok separatis dan militer Indonesia tak sedikit infrastruktur yang rusak dan ribuan warga sipil harus hidup di pengungsian.

Meskipun begitu Negara yang beribukota di Dili ini punya potensi gas alam yang cukup menjanjikan ekspor marmernya pun memegang peranan yang sangat penting namun sebagian besar penduduknya menggantungkan hidupnya pada sektor pertanian Punya potensi wisata yang cukup menjanjikan meski jarang dilirik wisatawan, Timor Leste sebenarnya punya alam yang sangat indah.

Garis pantainya sepanjang 706 KM sangat cocok untuk wisata menyelam, melihat paus atau sekedar bersantai menikmati pasir putihnya tak hanya pantai negara ini juga punya wisata alam bernama Taman Nasional Nino konis Santana diresmikan tanggal 3 Agustus 2007 Tempat ini menjadi habitat penting bagi beragam spesies burung tak jauh dari Dili terdapat pulau Atauro yang menjanjikan keindahan alam bawah lautnya.

Biota bawah lautnya diklaim lebih beragam dibandingkan di tempat lain di dunia, selain itu ada Patung Kristus yang jadi daya tarik utama wisatawan di Dili patung setinggi 27 m itu diresmikan oleh Soeharto pada tahun 1996 sebagai hadiah dari pemerintah Indonesia untuk warga Provinsi Timor Timur.

Patung yang didesain oleh Muhammad Sailillah itupun menjadi landmark ibukota Timor Leste
Ada jembatan BJ Habibie Bertepatan dengan peringatan 20 tahun referendum Timor Leste telah diresmikan sebuah jembatan dengan nama jembatan BJ Habibie yang berlokasi di Bidau Santana kota Dili Jembatan sepanjang 78 m ini menghubungkan Avenida dos Direitos Humanos serta patung kristus.

Nama BJ Habibie digunakan sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan rakyat serta pemerintah Timor Leste atas jasa besarnya dalam pelaksanaan referendum di Timor Leste.

Nah oke itulah sedikit faktanya Timor Timur ya, kita lanjut ke beberapa wisata yang ada di Timor Leste selain yang sudah saya sebutkan diatas ya…

Lauhata Beach Liquica - East Timor

Di  Liquica terdapat sebuah pantai indah yaitu Lauhata Beach, seperti apa pantainya ?

Tempat lokasi pantai ini terletak luar kota Dili yaitu ke Distrik Liquica  dari kota Dili menuju Liquica  itu memakan waktu satu jam perjalanan yang ditempuh dengan mobil.

Kalau misalnya kalian tidak punya mobil kalian bisa menyewa mobil seharga mulai 40 - 100
perhari.

Di Timor Leste kebanyakan tidak ada macet jadi waktu tempuh perjalanan dapat diprediksi  kita sudah sampai dan seperti hotel untuk masuk ke Lauhata Beach and Resort kalau kalian tidak menginap biayanya masuknya gratis tetapi kalian harus memesan makanan yang ada di Lauhata Beach Resort.

Pemandangannya seperti surga angin sepoi-sepoi dan tidak ada banyak orang yang datang sehingga ini seperti tempat pribadi bagi kami untuk berjalan-jalan dan pergi ke pantai di Liquica.

Di sini ada resort itu keren banget di sini suasananya cukup bersahabat tempatnya nyaman, tenang, juga tempat ini cocok untuk acara keluarga sangat tepat menikmati waktu luang di
pantai Lauhata.

Distrik Liquica di Lauhata beach Resort setelah puas berenang dan juga menikmati keindahan pantai Lauhata.

Ketika pulang disarankan jangan malam hari,  memutuskan untuk pulang karena mungkin sedikit rawan jika kalian berkendara dari Liquica ke Dili di malam hari karenanya tidak ada lampu  penerangan di jalan  itu membuat sulit sekali untuk berkendara di malam hari.

Baca Juga : Wisata Di Kalimanta Timur

Tetapi perjalanan pulang masih dihiasi dengan birunya laut yang ada di Timor Leste. Setelah pergi ke pantai Lauhata anda akan menyadari bahwa banyak potensi alam yang bisa dijadikan destinasi pariwisata di Timor Leste.

DILI NIGHT MARKET | TIMOR PLAZA 

Menjelaskan tentang night market yang ada di Timor Plaza Kota Dili Timor Leste.
night market ini buka setiap satu minggu sekali pada hari kamis jam lima sore sampai jam setengah sebelas malam.

Yang dijual di night market mulai dari asesoris, pakaian, makanan minuman, mainan anak-anak
dan lain sebagainya. harga yang ditawarkan di sini tidak bisa menawar di night market.

Di night market ada fasilitas yaitu hiburan dan tempat duduk untuk menikmati makanan seperti ini produk Om Raul Lemos yaitu Raya Tex kain tais yang siap pakai kalian bisa mencoba makan di sini mulai dari makanan ringan makanan sedang, sampai makanan berat.

Di night market bisa juga menjadi tempat setelah kalian pulang kerja kalian bisa berbincang manja dan mesra baik itu berdiri atau duduk di tempat duduk yang sudah disediakan. makanan yang ada di night market termasuk makanan yang kekinian.

Jadi di Timor Leste night market situation dilihat dari ketinggian jangan lupa mengabadikan momen-momen berharga dengan sahabat kalian di night market.

Oh iya ada tips kalau kalian mau pergi ke night market tanya penjual tentang kehalalan makanan
karena tidak semua makanan di sini itu halal, jangan pulang terlalu malam kalau kalian tidak mempunyai kendaraan pribadi karena transportasi umum sangat terbatas di malam hari hanya ada taksi saja dan harganya akan meninggi.

Lita Store

Ini adalah tempat belanja – belanja yaitu Lita Store, tempat yang strategis untuk berbelanja di  pusat kota Dili. semuanya ada di sana, banyak sekali jenis-jenis sarden yang berasal dari Portugal. ini adalah sarden favorit saya yaitu Pescador Sardinhas ini sekali makan dan harganya murah.

Di sini banyak banget minuman beralkohol semuanya wine.wine ini didatangkan dari Australia
Portugal mungkin Amerika juga ada, tapi yang mendominasi adalah wine dari Australia dan Portugal.

Jangan khawatir! Produk-produk Indonesia banyak di sini kalau yang nggak minum wine ada semua sirup yang berasal dari Indonesia.

Jangan samakan belanja di Indonesia dan di Timor Leste karena harganya jauh beda banget kalau mikirin rupiah vs dollars ya gak dapat apa-apa.

Kristo Rei

Mengunjungi ketempat wisata yaitu Kristo Rei. harga taksi dari kota Dili ke Kristo Rei itu sekitar
12 USD, tapi kalau kalian naik angkot itu harganya 25 cent.

Jangan salah, Kristo Rei gratis tis, Kristo Rei tinggal naik saja tidak perlu bayar tiket masuk jumlah tangga yang ada di Kristo Rei adalah sekitar 550an anak tangga ini cocok banget untuk yang suka berolahraga lebih baik datang ke Kristo Rei pada pagi hari.

Naiknya lumayan ke puncak Kristo Rei, meskipun capek tapi pemandangannya indah banget dan anginnya semilir sepoi-sepoi dan itu yang membuat kita nanti tidak terlalu capek.

Nah, Kristo Rei dibangun pada masa pemerintahan Presiden Soeharto dan waktu itu Timor Leste masih bergabung dengan negara Indonesia yaitu Timor Timur. tinggi patung Kristo Rei adalah
27 meter yang melambangkan Timor Timur waktu itu adalah propinsi ke 27 Indonesia.

Kristo Rei dikelilingi oleh lautan biru sepanjang mata memandang lautan itu selalu mengelilingi. sudah lihat Kristo Rei sebelum turun lagi turun lagi itu penuh perjuangan jadi santai-santai dulu di sini setelah ini mau ke mana? tunggu aja sebelum turun, santai-santai dulu dan anginnya
asyik banget biar gak ngantuk, joget-joget duu deh.

Selain ada Kristo Rei di sini juga ada pantai yang ombaknya tenang banget semuanya dikelilingi pantai di sini tinggal pilih pantai yang mana ini adalah pantai yang terdekat dari Kristo Rei dan kalian bisa naik angkot 25 cent atau jalan kaki juga bisa.

Ini pantainya Timor Leste pantai ini namanya Areia Branca, Branca dalam bahasa Portugis artinya putih jadi pantai ini area pantai atau pasir putih. masyarakat Timor Leste untuk rekreasi setiap akhir minggu mereka lebih sering menghabiskan waktu di pantai atau di Kristo Rei
itu pilihan mereka kalau tidak ke pantai ya ke Kristo Rei.

Tasitolu And Pope John Paul II

Jalan-jalan ke Tasitolu dan lihat jalannya masih sepi ya karena sekarang masih jam 7 pagi. masyarakat di Timor Leste memulai aktivitasnya pada jam 8 dan dan jam 9 pagi.

Lokasinya tidak terlalu jauh dari Bandar Udara Presiden Nicolau Lobato Dili. sudah sampai di pendakian tidak tahu nanti bentuknya seperti apa tapi jelas ada pemandangan gunung.

Wah indah sekali pemandangan di pagi hari tidak hanya pemandangan alamnya yang indah tetapi juga kita bisa melihat hewan-hewan yang sedang mencari makan pagi yeah itu kambing gunung dan juga banyak sekali kumpulan kambing ini yang berkelompok sedang mencari makan pagi.

Untuk menuju patung tersebut kita harus berjalan kaki dengan mendaki jalan berkelok dan pemandangan bukit serta laut yang biru. pada tanggal 12 Oktober 1989 Paus Paulus Yohannes II pernah mengunjungi Timor Leste, karena masyarakat Timor Leste menganut agama Katolik Roma mencapai 98% untuk mengenang kedatangan paus pemerintah Timor Leste membangun patung dan kapel di atas bukit Tasitolu.

Pemerintah Timor Leste membangun patung paus lengkap dengan tongkat gembalanya dan pada tanggal 15 Juni 2008 Perdana Menteri Timor Leste pada waktu itu Jose Ramos Horta meresmikan patung tersebut.

Di sini nyaman dan indah dan pemandangannya sangat alami dan tidak ada banyak polusi disarankan kalau ke sini jangan sendirian karena sepi banget karena di Timor Leste aman tetapi kalau jalan sendiri terutama perempuan sedikit rawan.

Ayo masyarakat Timor Leste, semangat! generasi-generasi baru Timor Leste bangunlah Timor Leste menjadi lebih baik semoga Timor Leste dapat membangun pariwisatanya lebih baik lagi
sehingga banyak turis asing yang datang ke Timor Leste.

Oke sekian dulu ya pembahasan tentang wisata di Timor Leste, semoga bisa bermanfaat.kunjungi Wisatain.Com terus untuk menemukan informasi wisata lainnya.

0 Response to "Wisata Alam dan Tempat Liburan Ke Timor Leste"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel