Wisata Gunung Tangkuban Perahu - Lembang Bandung


Wisata Gunung Tangkuban Perahu, Wisata Lembang Bandung

kali ini kita jalan2 ke Tangkuban Perahu, sebuah gunung yg terkenal dengan bentuk perahu terbalik dan juga adanya Legenda Sangkuriang.... 

Pagi-pagi kita berangkat dari bandung menuju gunung tangkuban perahu nih sob, kita emang udah pernah kesini dulu, tapi penasaran juga udah kayak gimana sekarang. waktu kita kesini itu pas jaman2 blackberry dan apel hanyalah sekedar nama buah-buahan. 

sampailah kita dipenjualan tiket, buat 2 orang & 1 motor di cas 52.000 rupiah yang perlu kalian ketahui, baik pengunjung, kendaraan dan parkir kendaraan, masing2 harus bayar, jadi kendaraan dicas nya 2x tiket masuk dan parkir, padahal kendaraan mah ga ikutan piknik, cuma ngejogrog aja kan? ngapain harus 2x sih dari sini kita masih harus naik kendaraan menuju kawah, karena masih lumayan jauh, nanjak juga berliku. 

Wisata Gunung Tangkuban Perahu, Wisata Lembang Bandung


nah ada yang bikin kita heran sob, kita parkir motor bayar 10.000 tapi setelah nanya2 parkir mobil ternyata 5.000 dan bus 10.000, apa mungkin parkirnya di atas deket kawah jadi lebih mahal?, atau dibawah parkirnya lebih murah? kok aneh ya sampai juga kita di parkiran bis, jika kalian pake bis kalian bakalan turun disini dan melanjutkan perjalanan naik angkutan bernama ontang anting buat ke kawahnya, tarifnya 7.000 pulang pergi sob, waduh duit lagi warung2 murah berjejer disini dengan harga yang ga nyakitin dompet, jajanan sederhana seperti gorengan, kopi, mie, jagung bakar, sosis bakar, dan makanan berat seperti kejo juga ada kok Bergerak kita ke taman, disediakan beberapa spot buat kalian yg suka foto2, cukup bagus sih, cuma masih agak kurang modern aja, beberapa lokasi dipakein lukisan, niatnya emang biar bagus tapi malah terkesan ga natural, kayak bekgron studio foto pinggir jalan. lagian yaelah masih pake doraemon ma mikimos, kalo di mall mah pantes di taman hutan mah ga cuco sob. iya ga! dora dan diego kayaknya lebih pas. di lokasi wisata ini tidak ada wahana foto berbayar sob. 

langsung cekrak cekrek aja sepuasnya. tersedia tempat buat bersantai seperti bangku dan meja juga buat meringankan pegal dan menjaga rorombeheun tidak bertambah parah, buat yang suka outbond tersedia juga beberapa jenis permainan sob, bisa dinikmati remaja, dewasa dan anak2 dengan usia diatas 7 tahun. cukup lengkap, tapi saat kita kesana lagi ga ada yg pake. 

puas ngambil video disini kita merangkak lagi ke kawah tangkuban perahu diatas, masih cukup jauh tapi jalanannya udah cukup bagus kok, cuma hati2 aja kalo hujan cukup licin dan banyak tikungan tajam tapi tenang aja sob tikungan tajamnya tidak seperti ditikung teman, dan tidak juga setajam silet, kok setelah masuk area kawah, mulai tercium bau-bau busuk menggelitik bulu hidung, bagi yg kesini bawa pacar atau istri mohon tidak saling nyalahin siapa yang kentut sob, karena sesungguhnya emang bau belerang dari kawahnya. 

Jangan sampai terjadi perceraian atau pertengkaran karena ga ada yg mau ngaku....... ingat sob, omat, kesini itu buat hiburan bukan nyari permusuhan loh anyway karena emang masih pagi dan cuaca cukup dingin, kabut diatas sini sangat tebal sob, euleuh-euleuh sampe2 ga keliatan kawahnya sob. Seperti kalian ketahui Gunung Tangkuban perahu terkenal dengan Legenda Sangkuriang, kita ceritain dikit ya Jaman dahulu kala Dayang sumbi mengajukan persyaratan pada sangkuriang untuk membuat perahu dan danau dalam 1 malam, sebagai syarat untuk menerima pinangan dari Sangkuriang, permintaan yg tidak mungkin dilakukan karena pada dasarnya Dayang Sumbi tidak ingin menikahi Sangkuriang karena mengetahui Sangkuriang adalah anaknya sendiri. 

dengan siasat dan kepintaran dayang sumbi, sangkuriang pun kepentok deadline dan tidak dapat menyelesaikan tugasnya Akhirnya Sangkuriang ngambek, dan dengan kesaktiaannya menendang perahu yang telah dibuatnya, dan perahu tersebut melayang dan jatuh terbalik dan berubah menjadi gunung, apa faedah yang bisa kita ambil dari legenda ini? dari Legenda ini kita jadi tahu bahwa sangkuriang jauh lebih sakti daripada captain tsubasa, tsubasa nendang bola jadi gol, gawangnya robek.... yah cemen... sangkuriang nendang perahu jadi gunung lho, makanya dukung sangkuriang buat jadi anggota avenger sob.. kitapun jadi tahu Dayang Sumbi adalah pelopor PHP, Mother of False Hope, dan sangkuriang adalah korban PHP pertama, PHP yg kalian praktekin saat ini adalah karena adanya mereka Kan mereka itu ibu dan anak sob, itukan Inces namanya, ga boleh coy, madesu lw mah sang eh kur... Jaman dulu ga ada toko optik sih ya, anak ma emak sendiri n sebaliknya pake sempet ga kenal, beli mikroskop dulu sana! ada 4 kawah yang bisa kalian kunjungi yaitu Kawah Ratu, Kawah Upas, Kawah Baru dan Kawah Domas, buat kalian yg pengen cinderamata khas Tangkuban perahu bisa beli disini harganya masih standar sob, buat kaos 20rb, buat longdress 50rb, souvenir selain pakaian juga banyak berserakan dengan harga 20-50rb-an aja, bisa lebih murah kalo kalian jago nego kita ambil gambar disini dulu sob tapi kok malah kabutnya tambah tebal ya? aneh, baunya beda, jiah kita terkejut sob ternyata bukan kabut, malah sebenernya mamang2 lagi pada bakar sampah, yaelah, merusak ilusi aja... 

nah dipinggiran kawah juga terdapat warung2, juga dengan dengan jajanan tradisional, namun buat harga sepertinya lebih mahal daripada yg ada diparkiran, kita juga ga mastiin nih, soalnya buat pengiritan kita bawa bekal sendiri sob, namanya juga budget traveller, yg pernah kesini dan jajan tolong tambahin harga makanannya ya di komentar.

jalan2 dulu ke hutan2 yg ada disini, asik lah sob semi hiking, tapi jangan keasikan juga, makin lama kalian disini bau belerangnya makin menjadi, kita rasain agak engap dan ga enak ditenggorokan, pake masker lumayan membantu sih, nah maskernya bisa kalian beli di mamang2 yang keliaran disini, kalo kondisi dompet tidak memungkinkan kalian bisa mungut masker bekas yg dibuang pengunjung sembarangan.... plis deh stop nyampah di lingkungan kita ini sob, tempat sampah banyak, dikantongin dulu juga ga berat kok. lokasi wisata ini bukan milik negara, bukan milik pengurus, tapi milik bangsa, Indonesia Punya sob Cintai Indonesia, Cintai Bumi Ini sob. 

bagi yang mau keliling2 lokasi naik kuda bisa juga sob, bayarnya 50rb, ya lumayan mahal ya, kayaknya kudanya minumnya Pertamax Turbo plus oli samping jadi harus maklum juga sama harganya, mungkin lari kudanya bisa tembus kecepatan cahaya, bisa aja, kalian cobain aja sendiri deh, tapi jangan nyalahin kita kalo emang ga bisa fasilitas umum yg terdapat di lokasi salah satunya Mesjid, mesjidnya besar dan dapat menampung banyak orang sekaligus sob, toilet juga tersedia namun bayar terpisah, 2rb aja, siap2 aja nengokin toilet rada seringan soalnya dingin juga, bikin beser. Pipis 10x bisa jadi member lho sob cuma kita ga liat ATM, jadi siapin uang tunai agak banyakan ya, disini masih boleh membawa makanan sih sob, kita ga liat ada plang larangan kok, tapi bawa sewajarnya aja & skali lagi jangan nyampah. 

setelah keliling sana sini kita putuskan buat mampir dulu ke warung dibawah deket parkiran bis sekalian keluar dari lokasi kita memesan kopi sebagai asupan gizi, karena kita juga rencananya mau ke lokasi lain namun batere mulai soak kita tanyain ke ibu warung "bolehkah kita menumpang mengecas ibu?" namun ibu warung menjawab "disini belum ada listrik A, belum ada yg dipasang, buat tiket & operasional aja pake GENSET", seolah petir menyambar, terasa dijurang penistaan yang paling dalam, kitapun bertanya kembali "Nu Baleg Bu?" Ibu Warung tersebut menjawab dengan mata berkaca-kaca "Iya begitu adanya, wahai anak muda" anjay ..... ini Yang bener aja sob, masa tempat pariwisata legendaris belum masuk listrik? apa baru sebagian belum semua dipasang listrik? itu kalo Sangkuriangnya tau bakalan ngamuk ituh, apa mau gunungnya ditendang lagi biar jadi gunung perahu telentang/nangkarak? atuh buku paket pelajaran bahasa sunda harus direvisi semua donk ya, hadeh jadi intinya kalo kalian kesini pastiin bawa powerbank ya dan bawa sinyal yang banyak, kita pake operator si kuning sinyal internetnya ga bergairah gitu sob. 

      Baca Juga :
Wisata Gunung Tangkuban Perahu - Lembang Bandung, smartphone dibawa kesini langsung berubah seketika menjadi cileupeung-phone loading aja mulu, pas webnya kebuka malah keburu imsyak .... yaaaaah hopeless oke deh Terima kasih atas perhatian kalian, semoga kalian menikmatinya.

0 Response to "Wisata Gunung Tangkuban Perahu - Lembang Bandung"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel